Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Yang Unggul

  • Abdul Kholiq Staf Yayasan Muslim Peduli Nusantara Jakarta
Keywords: Kepemimpinan, SDM dan dukungan masyarakat

Abstract

Pengaruh jaman penuh teknologi ini dapat mendidik masyarakat untuk memiliki pola pikir responsif dan pola pikir daya saing, suka kerja keras, mau belajar untuk meningkatkan ketrampilan dan prestasi kerja. Dari jaman global ini, kita hidup di dalam dunia yang terbuka, dunia yang tanpa batas. Kehidupan global merupakan tantangan sekaligus membuka peluang-peluang baru bagi pembangunan ekonomi dan bagi SDM Indonesia yang berkualitas tinggi untuk memperoleh kesempatan kerja di luar negeri. Disinilah tantangan sekaligus peluang bagi peningkatan mutu pendidikan Indonesia baik untuk memenuhi SDM yang berkualitas bagi kebutuhan di negeri sendiri maupun manca negara.

Secara umum ada beberapa hal perlu menjadi substansi manajemen pengembangan lembaga pendidikan islam, yaitu manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen personalia, manajemen peserta didik, manajemen administrasi sekolah/madrasah, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan atau pembiayaan, serta manajemen partisipasi masyarakat. adapun dalam hal ini penulis hanya berfokus menguraikan pengembangan Kepemimpinan, pengembangan SDM. Agar dapat menjawab tantangan perubahan yang terjadi dalam lembaga pendidikan islam, manajemen pengembangan harus dilakukan secara terus menerus. Dalam Kajian jurnal ini difokuskan pada aspek pengembangan manajemen pendidikan islam. Manajemen pendidikan islam yang dimaksud di sini adalah melalui kegiatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling) dan memberikan gambaran langkah pengembangan yang bersifat strategis, dalam hal ini penulis membatasi strategi pengembangan kepemimpinan, SDM dan dukungan masyarakat dengan metodologi kajian pustaka yang sumbernya diambil dari buku dan literatur lainnya.

Semua model tersebut dalam pengembangannya dipengaruhi oleh manajemen kepemimpinan, peningkatan kualitas, kapasitas, komitmen dan integritas SDM dan pastisipasi masyarakat. Melalui strategi pengembangan lembaga pendidikan integratif tersebut diharapkan akan memacu peningkatan mutu dan daya saing lembaga pendidikan baik secara lokal, regional maupun nasional.

How to Cite
Abdul KholiqA. K. (1). Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Yang Unggul. Jurnal Alasma : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 2(1), 23-42. Retrieved from https://jurnalstitmaa.org/alasma/article/view/28