METODE MENCEGAH TINDAKAN AROGAN BERSAMA HURUF HIJAIYAH

Authors

  • Mahfudzi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Keywords:

Al-Qur’an, Manusia, Nabi Muhammad

Abstract

Allah menciptakan manusia dilengkapi dengan penciptaan buku panduannya yaitu Al-Qur’an. kehidupan manusia akan menjadi lancar jika perbuatan manusia  dapat di sesuaikan dengan buku panduan tersebut. Sebaliknya Jika perbuatannya tidak sesuai dengan buku panduan tersebut maka dapat dipastikan kehidupan manusia tidak akan lancar atau akan terganggu  seperti kehidupan motor akan terganggu jika tidak mengikuti buku panduannya  Oleh karena itu jika kehidupan kita ingin lancar, maka  ikutilah buku panduannya yaitu Al-Qur’an. semangatlah untuk membacanya dengan terus memotivasi diri untuk memahami dan mengamalkannya. Bahkan Allah SWT telah memberikan motivasi kepada manusia agar mau membacanya, memahaminya dan menghafalnya serta mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. sebagaimana  firman Allah SWT yaitu surat al-Fathir ayat 29 yang artinya” Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang telah Kami anuge- rahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,( Fathir /35: 29).

Nabi Muhammad SAW, memberikan motivasi kepada umatnya agar mau membiasakan membaca Al-Qur’an. Adapun motivasi dari rosulullah melalui sabdanya “Abdullah bin Mas’ud r.a  berkata: “Rasulullah SAW bersabda:“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam.satu.huruf.dan.Miim,satuhuruf.”(HR.Tirmidzi)

Published

2023-10-12

How to Cite

Mahfudzi, M. (2023). METODE MENCEGAH TINDAKAN AROGAN BERSAMA HURUF HIJAIYAH. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 1(2), 301–328. Retrieved from https://jurnalstitmaa.org/index.php/alasma/article/view/21